4 Langkah Utama Memulai Bisnis Ternak Ayam

Bisnis ternak ayam, tidak dapat dipungkiri, merupakan salah satu lahan “basah” di Indonesia. Selain merupakan salah satu bahan pangan daging paling terjangkau dan mudah diolah, pengelolaan ternak ayam juga relatif lebih mudah dibandingkan ternak hewan lainnya. Hal ini tentu saja memberikan profit lebih pada pengusaha. Jika Anda tertarik dengan peluang bisnis ini, ikuti langkah-langkah awal berikut ini:

1.Buat Rencana Bisnis dan Dapatkan Permodalan

Anda perlu merumuskan rencana bisnis yang meliputi rencana permodalan dan alokasi dana, pelaksanaan kegiatan, titik balik modal, dan risiko yang mungkin terjadi serta penanganannya. Dapatkan permodalan yang cukup meliputi uang modal, alat, dan lahan untuk peternakan. Konsultasikan pada ahli jika Anda rasa perlu.

2. Pelajari Cara Memelihara Ayam dan Industri Target

Penting bagi Anda untuk mengetahui seluk-beluk pemeliharaan ayam yang sehat, baik, aman, dan menguntungkan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun rencana kerja, mengawasi, dan memperbaiki sistim. Tentukan industri yang akan Anda jadikan target, ayam pedaging atau petelur, pemotongan daging, penetasan telur, atau seluruhnya.

3. Jadilah Unik dan Buat Jaringan Bisnis

Ada untungnya Anda melawan arus. Jika sekitar Anda sudah banyak peternakan ayam pedaging, maka ayam petelur bisa menjadi peluang besar bagi Anda. Jadilah unik untuk memperoleh pasar yang lebih besar. Di samping itu, Anda perlu membuat diri Anda dikenal terutama di kalangan calon customer atau partner yang potensial.

4. Gunakan Manajemen Matang dan Patuhi Hukum

Pelajari manajemen yang direkomendasikan untuk peternakan ayam dan gunakan untuk memperkuat bisnis Anda. Setiap bagian dari peternakan perlu memahami tugas dan kewajiban mereka serta cara kerja yang benar. Selain itu, tetaplah berada pada jalur hukum untuk keberlangsungan bisnis ternak ayam Anda.

Keempat langkah ini biasanya akan selesai Anda lakukan dalam jangka waktu cukup lama. Tidak perlu terburu-buru dalam memulainya, mengingat permulaan yang baik akan mendatangkan peluang lebih besar di masa mendatang. Anda akan memiliki cukup banyak pesaing dalam bisnis ternak ayam ini, namun peluang pasar pun akan sangat besar.

One thought on “4 Langkah Utama Memulai Bisnis Ternak Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *