Budidaya Ikan Gurame Menguntungkan

Budidaya ikan gurame tentu saja menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi. Ikan gurame merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang memiliki nilai tinggi dalam berbagai aspek. Mulai dari gizi yang tinggi dan nilai ekonomis yang tidak kalah tinggi. Ikan gurame di Indonesia biasa digunakan berbagai kalangan sebagai makanan yang bercitarasa tinggi. Penggunaan rumah tangga cukup banyak yang memanfaatkan ikan gurame sebagai lauk sehari-hari. Selain itu restoran beragam kelas juga menggunakan ikan ini sebagai masakan yang cukup premium di kelasnya. Ikan gurame sendiri dipasarkan berdasarkan kesegarannya dan bobotnya. Semakin berat bobotnya maka semakin mahal harga ikannya. Nah bisnis budidaya atau beternak ikan lele ini hingga saat ini masih menjadi salah satu yang menguntungkan. Untuk mendapatkan ikan gurame yang bagus dan berat maka peternak haruslah memperhatikan banyak aspek. Berikut adalah tips-tips untuk membudidayakan ikan gurame.

Tips-Tips Budidaya Gurame

Ikan gurame adalah salah satu ikan air tawar yang cukup peka akan kondisi kolamnya. Kondisi kolam tidak boleh terlalu asam atau basa, kolam haruslah netral. Suhu pada kolam juga harus berada pada kisaran 25 hingga 28 derajat celcius. Kandungan pasir dalam kolam maksimal adalah 40%. Selain itu oksigen dan kadar mineral dalam air harus diperhatikan. Setelah itu kolam untuk ikan gurame juga perlu diperhatikan.

Ada beberapa jenis kolam yang perlu disediakan bagi ikan gurame, yaitu kolam perawatan induk, kolam pemijahan, kolam pemeliharaan benih, kolam pembesaran dan kolam pemberokan. Setiap kolam memiliki spesifikasi tersendiri untuk dapat disesuaikan dengan ikan gurame mulai dari bibit hingga nantinya siap dipanen. Benih ikan gurame perlu ditetaskan terlebih dahulu hingga sekitar 30 hari. Benih ini kemudian dirawat pada kolam pemeliharaan benih hingga berat mencapai 500 gram. Biasanya 500 gram adalah ukuran umum untuk ikan gurame dipanen dan dijual di pasaran.

Penentuan ukuran juga perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Memanen ikan gurame dilakukan dengan cara mengosongkan air kolam dan memasukkan ikan yang masih hidup dalam es atau langsung dijual. Tujuannya adalah agar ikan selalu segar dan tidak cepat busuk.

2 thoughts on “Budidaya Ikan Gurame Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *