Cara Budidaya Lele agar Panen dalam 45 Hari

Budidaya Ikan Lele

Sistem budidaya ikan lele dengan media kolam terpal saati ini jadi alternatif paling banyak digunakan dibanding dengan media budidaya yang lain. Bukan hanya lebih ringkas, praktis, irit serta lebih mudah untuk dikelola. Sistem ternak ikan lele 45 Hari panen di kolam terpal ini juga jadi benar-benar sangat diminati sebab mudahnya media serta bahan yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan ini tanpa harus memiliki lahan yang luas.

Keuntungan Budidaya Lele di Kolam Terpal

  • Tidak membutuhkan space besar, di perkarangan rumah juga kita memungkinkan membudidayakannya.
  • Biaya yang dikeluarkan tidak besar.
  • Tidak dipengaruhi oleh kondisi tanah, beberapa tempat mungkin sudah terkontaminasi dengan zat kimia yang berbahaya bagi lele
  • Sangat mudah dalam melakukan pembersihan dan penggantian air
  • Lebih fleksibel serta dapat dipindahkan dengan mudah
  • Mudah mendeteksi hama penyakit
  • Mudah untuk melihat pertumbuhan lele sampai panen
  • Saat panen akan mudah untuk kita mengambil hasil panen

Sistem budidaya ikan lele di kolam terpal sangat layak dengan jumlah benih lele yang yang banyak ataupun sedikit. Usahakan kolam terpal nanti diberikan ruang yang cukup agar ikan bisa bergerak di air dengan nyaman.

Budidaya Ikan Lele

Dalam melakukan budidaya lele, kita harus menentukan tipe budidaya yang akan dimasukan ke dalam kolam terpal. Secara garis besar ada 2 tipe ternak lele yang dijalankan oleh petani lele :

Ternak ikan lele untuk pembenihan.
Ternak ini dilakukan untuk dijual lagi kepada peternak lele lainnya. Untuk budidaya benih lele tipe ini cukup mujur, karena waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Ukuran lele 2-3 cm dapat dihasilkan dalam kurun waktu 1 bulan.

Ternak ikan Lele untuk konsumsi.
Lele yang dibudidaya untuk tujuan dikonsumsi, berarti budidaya dijalankan sampai lele memiliki ukuran besar atau cukup untuk ukuran konsumsi. Jika Anda menyiapkan budidaya lele untuk konsumsi, sebaiknya persiapkan ukurannya sudah cukup sebesar 6 – 7 cm supaya mudah serta pesat dikembangbiakkan. Dengan benih lele ukuran tanggung dapat mempercepat panen hingga 45 hari.

Budidaya ikan lele memanglah cukup menjanjikan, namun budidaya lele yang bagus seharusnya mencermati berbagai macam aspek. Pengetahuan mengenai kondisi daerah dan air serta pakan ikan lele akan sangat membantu keberhasilan ternak lele. Lele adalah ikan air tawar yang memiliki ketahanan badan yang cukup kuat dibanding budidaya type ikan yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *