Cara Mudah Budidaya Iklan Lele dalam Kolam Terpal

Budidaya ikan lele dalam kolam terpal merupakan pilihan cara budidaya yang banyak dicari oleh para pembudidaya lele. Karena bisa menjadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Permintaan pasar terhadap ketersediaan ikan lele saat ini kian meningkat pesat di setiap tahunnya. Dan juga ikan lele, merupakan jenis ikan yang sangat mudah cara pembudidayaannya. Dan juga budidaya ikan lele ini bisa dengan cepat untuk masa panennya serta memiliki keuntungan tersendiri pada cara perawatannya.

Untuk memulai usaha budidaya lele kolam terpal, air yang digunakan memang terbilang agak kotor dan kenyataannya ikan-ikan lele yang dibudidayakan mampu bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Oleh karena itulah, budidaya ikan lele yang cepat panen ini bisa dilakukan di kolam terpal.

1173871_554600407939447_1748280777_n

Adapun keuntungan yang bisa didapat dengan membudidayakan ikan lele di kolam terpal adalah :
1. Tempat pemeliharaan yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Sehingga anda bisa menjalan budidaya ikan lele ini di tempat yang sesuai dengan ukuran tempat yang ada, misalnya di pekarangan rumah.
2. Biaya yang dikeluarkan sangat murah dan terjangkau.
3. Pemeliharaannya sangat mudah karena tidak bergantung pada kondisi tanah.
4. Mudah untuk melakukan pembersihan kolam dan pergantian air baru.
5. Kolam dapat dipindahkan dengan mudah.
6. Perkembangan ikan lele akan mudah untuk diamati.
7. Tidak perlu repot untuk mengambil ikan lele saat panen.

Agar budidaya ikan lele kolam terpal ini cepat dipanen, maka ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, antara lain :
– Syarat dari kolam terpal
Untuk membudidayakan ikan lele dengan menggunakan media kolam terpal, maka harus disesuaikan dengan jumlah benih ikan lele yang akan dikembangbiakkan. Usahakan agar kolam terpal masih menyisakan beberapa area agar lele mudah untuk berpindah dan bergerak.
– Persiapan Peralatan budidaya
Di tahap ini, anda siapkan terpal dengan ukuran yang sesuai serta peralatan lainnya, seperti misalnya papan kayu, kerangka besi, dan batu bata. Siapkan juga kawat, paku, dan tali untuk menunjang pembuatan kerangka.
– Tipe Budidaya Ikan Lele
Ada 2 tipe dari budidaya ikan lele kolam terpal ini. Pertama adalah budidaya lele pembibitan dan budidaya lele konsumsi. Pada budidaya lele pembibitan biasanya yang dibudidayakan adalah ikan lele yang bisa dijual kembali pada pebudidaya lain dalam bentuk bibit. Sedang untuk budidaya lele konsumsi yang dibudidayakan ikan lele yang bisa dijual kembali untuk dikonsumsi.

terpal

Bila dari semua syarat tersebut telah dijalankan dengan benar dan baik pula, maka anda siap menjalankan bisnis budidaya ikan lele kolam terpal. Dengan menjalankan usaha yang sebaik-baiknya maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, anda juga akan mendapatkan keuntungan yang berlipat dari usaha budidaya ikan lele ini. Semoga artikel di atas dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

3 thoughts on “Cara Mudah Budidaya Iklan Lele dalam Kolam Terpal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *