Inovasi Budidaya Lele dengan Eceng Gondok

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membudidayakan lele dengan memanfaatkan eceng gondok, salah satu tumbuhan air mengapung yang diletakkan di permukaan air kolam.

“Budi daya lele teknologi eceng gondok ini sudah saya uji coba di wilayah Kecamatan Kasihan dan hasil panennya prospektif,” kata Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan DKP Bantul, Yuswarseno, di Bantul, Sabtu (8/8/2015).

Menurut dia, eceng gondok mempunyai dampak negatif dan positif, meski begitu untuk sektor budi daya perikanan tumbuhan air ini memiliki manfaat bagi pertumbuhan ikan, tidak terkecuali lele.

Ia mengatakan, budi daya lele eceng gondok ini membuat kolam yang permukaan airnya ditutupi dengan tumbuhan itu, sehingga ikan leluasa bertelur dan menjadikannya rumah tempat bersarang.

“Uji coba pertama bisa panen lele kuintalan dalam satu kolam. Ini membuktikan dengan metode ini tingkat kematian ikan kecil, pertumbuhan ikan lebih cepat dan ramah lingkungan,” katanya.

Bahkan, kata dia, budi daya dengan eceng gondok ini tidak membutuhkan biaya yang cukup besar dibanding membuat kolam dengan sistem tambak atau yang ditutupi dengan kayu.

“Sebelum mencoba ini (teknologi eceng gondok) saya menggunakan kayu-kayu untuk menutup kolam, namun tetap tidak maksimal. Ketika dengan eceng gondok perlindungan ikan lebih bagus,” katanya.

(Sumber : Bisnis.com)

One thought on “Inovasi Budidaya Lele dengan Eceng Gondok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *