Mengenal Jenis Ikan Nila untuk Budidaya

Banyak ragam jenis ikan nila yang ada di Indonesia. Hal ini karena sering dilakukan penelitian untuk menghasilkan jenis ikan nila yang baru. Berikut beberapa di antaranya :

 

Nila Merah
Nila merah atau NIFI didatangkan dari Thailand tahun 1981. Jenis ini merupakan persilangan ketiga daru hibrida mujair merah dengan nila. Pertumbuhannya relatif cepat dibanding nila hitam. Benih yang dihasilkan kebanyakan jantan. Nila merah ini disukai karena warnanya menarik dan dagingnya berwarna putih.

Nila Hitam
Nila jenis ini adalah nila yang pertama kali didatangkan dari Taiwan, yaitu pada tahun 1969. Hasil perkawinan silang antar jenis Oreochromis. Nila hitam banyak tersebar di Indonesia. Banyak terjadi perkawinan silang dan inbreeding dengan mujair sehingga kelangsungan genetisnya sudah tidak baik.

Nila GIFT
Nila GIFT (Genetic Improvement of Farmed Tilapias) merupakan hasil persilangan antara beberapa jenis ikan dari keluarga cichlidae. Bentuk tubuh nila GIFT hampir sama dengan nila hitam. Nila GIFT yang didatangkan dari Filipina ke Indonesia pada tahun 1994 berasal dari generasi keempat. Pada tahun 1997 didatangkan lagi nila GIFT generasi keenam.

Nila GESIT
Tahun 2006 dikembangkan nila GESIT (Genetically Supermale Indonesia Tilapia), yaitu nila jantan tetapi berkromosom sex YY yang merupakan pemuliaan dari kromosom jantan normal (XY) dengan nila betina (XX). Hal ini bertujuan untuk menghasilkan ikan nila monosex jantan (96% jantan). Karena pertumbuhan nila jantan lebih cepat dari nila betina maka akan lebih menguntungkan dalam budidaya ikan nila.

Nila Nirwana
Nila Nirwana (nila ras Wanayasa) merupakan hasil seleksi dari famili ikan nila GIFT dan nila GET(Genetically Enchanced Tilapia) yang berasal dari Filipina yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Benih Ikan Wanayasa dan diluncurkan pada tahun 2006.

Nila Larasati
Merupakan hasil pengembangan dari nila merah. Balai Benih Ikan Sentral Janti, Klaten, memperbaiki mutu genetis dari ikan nila merah. Mereka mengadakan selective breeding pada tahun 2008 dengan melakukan hibridisasi berbagai strain sehingga mampu menghasilkan nila merah hibrida dengan pertumbuhan cepat dan mempunya ketebalan daging yang cukup bagus.

Nila BEST
Nila BEST merupakan pengembangan nila GIFT generasi keenam, hasil evaluasi Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar (BRPBAT) dan dilaksanakan dalam kurun waktu 2004 – 2008. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan berbagai tipe pemeliharaan dan skala usaha, nila BEST lebih unggul dan hasilnya lebih baik dibanding jenis ikan lainnya.

Itulah jenis-jenis ikan nila yang ada di Indonesia. Terdapat berbagai macam jenis ikan nila yang dapat dibudidayakan. Sekarang tinggal Anda pilih jenis terbaik untuk dibudidayakan di tempat Anda. šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *