Peluang Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha yang menguntungkan ditengah-tengah kesibukan utama dan lingkungan yang semakin tidak menentu. Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki banyak sekali kelebihan. Bagi manusia, ikan lele adalah sumber protein yang memiliki n ilia gizi tinggi seperti protein dan vitamin. Disamping itu harganya juga terjangkau bagi berbagai kalangan. Sedangkan bagi peternak ikan lele memiliki nilai tinggi karena perawatannya yang sangat mudah dan murah. Maka sebenarnya beternak ikan lele ini memiliki peluang yang sangat tinggi dalam meraup keuntungan.

 

Cara Beternak Ikan Lele
Beternak ikan lele tentu saja menguntungkan. Ikan lele sendiri sebagai ikan air tawar memiliki banyak kelebihan dibandingkan ikan jenis lainnya. Ikan lele terkenal merupakan ikan yang tahan akan berbagai kondisi dan dapat memakan apa pun untuk menunjang hidupnya, usia hidupnya pun lama dan tidak mudah mati. Bibit ikan lele tidaklah terlalu mahal.

Peternak ikan lele juga dapat mengakali budidaya ikan lele dengan berbagai media salah satunya terpal plastik. Namun di lain sisi anda yang ingin beternak memerlukan lahan yang cukup luas untuk mendaatkan hasil yang banyak. Nah apabila anda menggunakan terpal sebagai media beternak, maka beberapa hal ini perlu diperhatikan. Menggunakan terpal memiliki kelebihan praktis dan akan memudahkan anda pada saat melakukan panen ikan lele. Terpal tadi dijadikan lapisan pada tanah yang telah digali dan bebas dari batu dan kerikil. Kemudian anda dapat memasukkan air yang mengandung plankton atau makanan utama dari ikan lele ini. Sumbernya mudah sekali, anda hanya perlu memasukkan kompos kotoran sapi dan menunggu selama 3 hari baru bibit dapat dimasukkan.

cara-ternak-lele-teknologi-nasa-lapaknasa

Perlu diperhatikan pula rasio bibit adalah 100 ekor per meter perseginya agar populasinya dapat dikendalikan. Sedangkan kedalaman kolam paling tidak adalah 1.5 meter dengan luas sesuai dengan lahan yang tersedia. Dengan media kolam ternak dan asupan yang tepat bagi ikan lele, cukup 45 hari saja anda memproses ikan ini hingga siap untuk dipanen. Langkah selanjutnya adalah menawarkannya pada pasar atau menjualnya langsung kepada konsumen. Ikan lele yang berkualitas dan memiliki ukuran yang pas tentu akan selalu diminati oleh konsumen.

One thought on “Peluang Budidaya Ikan Lele

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *