Potensi dan Kelemahan Budidaya Ikan Gurame

Budidaya ikan gurame dikenal sebagai salah satu lahan bisnis dengan peluang pasar yang besar dan konsisten. Walaupun arus perputaran bisnisnya tidak secepat ikan lele atau ikan lain yang lebih murah, ikan gurame memiliki potensi tersendiri. Berikut ini adalah potensi dan kelemahan bisnis budidaya ikan gurame berdasarkan komoditasnya.

Potensi

Pada dasarnya, ikan gurame selalu dapat diterima oleh pasar tanpa melihat ukurannya. Benih ikan gurame sendiri memiliki pasar yang luas terutama di kalangan pengusaha budidaya ikan. Selain itu, ikan gurame berukuran kecil, sedang, dan besar juga selalu laku di restoran, hotel, dan rumah makan. Ini berarti Anda selalu memiliki peluang untuk menjual ikan gurame. Selain harga jual yang tinggi di pasaran, ikan gurame memiliki tingkat kematian yang jauh lebih rendah dibandingkan ikan lainnya. Pakan yang diperlukan pun cenderung lebih sedikit dan murah. Selain itu, permintaan akan ikan gurame di pasar saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan tingkat ketersediaannya. Ini merupakan peluang bagi Anda. Target pemasaran bagi ikan ini pun tidak sembarangan. Pada tingkat terbawah, Anda bisa menjadi supplier bagi pengepul. Cara ini lebih sederhana. Walaupun keuntungan lebih sedikit, Anda akan memperoleh permintaan tetap dari waktu ke waktu. Jika Anda dapat memperluas jaringan bisnis ke beberapa restoran dan hotel, Anda akan menerima permintaan yang luar biasa.

Kelemahan

Ikan gurame merupakan komoditas dengan investasi cukup lama. Ikan ini memerlukan waktu beberapa tahun berkembang sebelum dapat dipanen. Hal ini dapat diatasi dengan menerapkan sistim interval agar Anda bisa panen setiap tahun atau sesuai keinginan Anda. Selain itu, ikan gurame cenderung mudah terkena jamur atau penyakit kulit. Hanya saja, merendam ikan pada air larutan garam dapur dan pengeringan kolam dapat mencegah permasalahan tersebut.

Dari penjelasan di atas, kita memahami bahwa ikan gurame menempati kelas tersendiri dalam bisnis kuliner. Hal ini menjadikan ikan gurame sebagai komoditas potensial dengan peluang pasar yang cenderung konsisten. Kelemahan bisnis memang ada tetapi solusi untuk hal-hal tersebut sudah tersedia dan siap diaplikasikan. Jika Anda tertarik dengan budidaya ikan, budidaya ikan gurame dapat menjadi alternatif yang menguntungkan.

One thought on “Potensi dan Kelemahan Budidaya Ikan Gurame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *