Tips Budidaya Ikan Gurame Agar Berukuran Besar

Jika Anda menggeluti bisnis budidaya ikan gurame, maka Anda sedang menggeluti bisnis dengan potensi besar. Memang arus perputaran komoditas tidak secepat ikan lele, tetapi peluang pasarnya cukup luas dan menguntungkan. Biasanya restoran, dan hotel menyukai ikan gurame yang cukup besar. Berikut ini adalah beberapa tips agar ikan gurame Anda dapat tumbuh besar sesuai keinginan pasar.

Lokasi Kolam yang Tepat

Gurame memerlukan suhu lingkungan sekitar 25-28 derajat Celcius. Ikan ini juga tidak cocok tinggal di daerah dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl. Selain itu, kolam perlu mendapat akses langsung pada sinar matahari untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan optimal ikan. Pilih lokasi yang sesuai dengan seluruh faktor penting tersebut.

Pilih Benih Sehat Saja

Benih yang sehat dan tepat untuk budidaya biasanya adalah benih yang berusia sekitar satu tahun dengan berat kurang lebih 100 gram. Mengingat ikan gurame biasanya dipanen ketika mencapai berat 500 gram, benih ini tidak butuh waktu lama untuk berkembang sebelum dipanen. Usahakan untuk mendapat benih dari daerah di sekitar kolam Anda, sehingga ikan tidak mengalami tantangan beradaptasi.

Pakan dan Protein Nabati

Pakan yang sehat untuk ikan gurami sebaiknya mengandung protein hewani dan nabati. 25% protein hewani atau lebih sedikit dari itu merupakan takaran yang pas. Protein nabati bisa didapat dengan memberi kangkung, selada, atau sayur daun lain sebagai pakan. Selain itu, penambahan enzim kompleks juga diperlukan, dengan takaran sekitar 2% dari pakan pabrik.

Menghindari Penyakit dengan Pengeringan Kolam

Sebelum penaburan benih, kolam perlu dikeringkan selama 10-14 hari. Berikan kapur 100-200 gram untuk setiap meter perseginya untuk menghindari penyakit pada ikan. Jika ada ikan yang berjamur, pisahkan dan rendam ikan dengan larutan garam dapur, 20 mg garam dapur per liter air, selama 1 jam.

Ikan gurame memang cenderung untuk tetap memiliki peluang pasar yang bagus dalam berbagai ukuran, kecil, sedang maupun besar. Akan tetapi, pasar untuk ikan gurame berukuran besar cenderung lebih menguntungkan, dan image Anda sebagai pembudidaya ikan gurame akan terangkat. Cobalah tips di atas dengan cermat, dan lihat efeknya pada ikan gurame Anda.

One thought on “Tips Budidaya Ikan Gurame Agar Berukuran Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *