Tips Merawat Burung Murai Batu untuk Pemula

merawat burung murai

Burung Murai Batu merupakan jenis burung yang memiliki suara yang nyaring dan merdu. Burung ini juga dikenal bisa meniru panggilan burung lain. Spesies ini ditemukan di berbagai habitat seperti di hutan, lahan pertanian, dan pinggiran kota. Burung Murai Batu lebih suka tinggal di daerah dengan semak belukar yang lebat. Habitat asal burung ini adalah di daerah Asia Selatan, namun pada tahun 1931 mulai dikenalkan di Kepulauan Hawaii. Burung Murai mempunyai bulu mencolok dan suara merdu yang dapat didengar dari hingga ratusan meter. Dengan suara merdu tersebut, saat ini banyak orang yang berburu untuk memelihara burung Murai. Bahkan harganya kini sudah sangat tinggi karen jumlahnya yang sangat terbatas.

Dalam merawat dan membudidayakan burung Murai Batu, kita perlu memperhatikan beberapa hal agar kondisi kesehatan dan suara burung ini tetap terjaga dengan baik. Tentunya memelihara burung ini memerlukan ketekunan dan kesabaran layaknya kita merawat burung lainnya.

1. Pemberian Pakan Burung
Pakan merupakan item terpenting dalam memelihara burung. Pengaruh pakan sangat berpengaruh terhadap perkembangan burung, khususnya suara yang dikeluarkan oleh burung Murai. Pilihlah pakan yang berkualitas dan pastikan pakan tersebut memang khusus digunakan untuk burung Murai.

2. Pemberian Multivitamin
Selain pakan, pemberian vitamin juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh burung. Vitamin burung bisa menggunakan produk-produk yang tersedia di took ataupun juga bisa membuat sendiri dengan ramuan herbal yang terjangkau. Penggunaan vitamin ini disesuaikan dengan dosisinya, jangan sampai berlebihan Karena akan membahayakan bagi burung.

3. Jagalah Kebersihan Kandang dan Burung
Kebersihan adalah masalah utama yang kadang suka diabaikan oleh peternak burung. Kebersihan kendang dan burung harus diperhatikan setiap hari sehingga tidak akan menimbulkan penyakit. Kondisi tempat tinggal burung yang bersih juga akan berpengaruh pada pertumbuhan burung dan burung tidak mudah stress.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat Burung Murai Batu. Hal yang kadang kita anggap sepele tetapi bisa berdampak besar pada kondisi burung. Semoga tulisan ini bermanfaat.

One thought on “Tips Merawat Burung Murai Batu untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *